LT

Minggu, 21 Desember 2014

Emplek-emplek Tiwul


Salam jumpa pemirsa.... Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung blog Mbak Tari di www.lestarimk.com terimakasih.

Ini dia makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah "emplek-emplek tiwul". Sebelumnya saya akan kasih tahu apa itu tiwul? Tiwul adalah tepung singkong yang dibuat dari singkong yang dikupas lalu dijemur sampai kering lalu ditumbuk hingga jadi tepung (jaman dulu) kalo sekarang karena sudah jaman modern tidak ditumbuk lagi tapi dihaluskan oleh mesin penggiling hingga jadi tepung halus yaitu Tiwul.

Tiwul bisa diolah berbagai jenis makanan, kali ini saya akan berbagi resep olahan tiwul, salah satunya adalah cara membuat Emplek-emplek Tiwul, antara lain sbb:
  1. Siapkan 500gram tepung tiwul, diuleni dengan 1bungkus kecil santan instan, dengan bumbu halus bawang putih, ketumbar + garam tambahkan air hangat secukupnya, uleni sampai kalis
  2. Setelah diuleni tunggu 5 menit.
  3. Siapkan wajan dan minyak goreng yang sekiranya bisa menenggelamkan bahan yang akan digoreng dengan api kecil.
  4. Siapkan adonan tadi dengan ambil satu sendok adonan bulat kan lalu dipipihkan, kemudian goreng dalam wajan yang minyak gorengnya sudah dipanaskan tadi.
  5. Lakukan cara no.4 Sedikit demi sedikit kedalam penggorengan hingga adonan habis.
  6. Ketika menggoreng jangan lupa rajin dibolak -balik supaya matang nya rata dan tidak gosong.
  7. Setelah matang semua, siap untuk dihidangkan dan lebih enak dimakan pada saat masih hangat. Cocok untuk cemilan pagi hari sambil minum kopi.


Selamat mencoba, masakan nusantara dengan cita rasa gurih2 kental. yummy deeeh. Hehehe.... terimakasih.

2 komentar:

  1. baru tau kalau tiwul itu tepung yang di buat dari singkong hehe,perlu di coba nih emplek-emplek tiwulnya :)

    BalasHapus