LT

Rabu, 14 Januari 2015

Tarian Jaran Eblek

Salam jumpa pemirsa.... Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih

Setiap liburan sekolah banyak orang menggelar hajatan, ada yang mengkhitankan anak laki-lakinya atau ada yang menikahkan anak mereka yang sudah dewasa. Naah biasanya kalo dikampung  saya daerah Batang, Kendal dan sekitarnya terutama kampung saya di Gringsing, dalam acara tersebut suka ada hiburan nya. Memang sih hiburannya tidak semewah acara dikota tapi lumayan menghibur. Hiburan atau bahasa jawanya tanggapan ini sering dimeriahkan oleh tanggapan Barongan dan disertai Joget jaran eblek.

Disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang jaran eblek. Jaran Eblek / kuda lumping ini suka ditampilkan dalam acara barongan (sudah sepaket). Ini berupa tarian yang dibawakan oleh 1 hingga 4 orang tergantung joget apa kisahnya. Jaran eblek ini tarian yang menggunakan properti kuda (terbuat dari anyaman bambu) yg dibentuk mirip kuda. Dalam tariannya dibawakan disertai musik tradisional. Ini sangat unik karena mungkin hanya ada di Jawa Tengah itupun tidak semua daerah Jawa Tengah ada tanggapan Barongan dan Jaran Eblek ini.

Lain kali saya akan menceritakan tentang barongan nya. Kali ini hanya informasi ini saja yang bisa saya ceritakan, semoga ini termasuk budaya yang perlu di Lestarikan di Indonesia. 


4 komentar:

  1. tarian jaran eblek Itu seperti kuda lumping ya mbak,

    BalasHapus
  2. Iya mang kuda lumping, kadang makan beling, katanya . Beneran atau tidak sy aja kurang ngerti jg. Hehehe

    BalasHapus
  3. Oh di Jawa Barat ada jg ya mang?

    BalasHapus