LT

Kamis, 22 Juni 2017

Tradisi Tahunan Menjelang Lebaran "Pasar Kembang" Warga Weleri -Kendal

Tradisi tahunan warga di Weleri Kendal Jawa Tengah menjelang perayaan lebaran, tepatnya di hari terakhir bulan ramadhan. 

Tradisi yang dikenal pasar kembang ini warga berburu bunga beraneka ragam yang digelar di pasar Weleri Kendal Jawa Tengah. Bunga sedap malam dan krisan paling diburu warga untuk menghias rumahnya sebelum lebaran datang.
Ribuan warga dari berbagai daerah di Weleri Kendal dan kota sekitarnya, sudah memadati pasar Weleri usai menyantap sahur di hari terakhir ramadhan. Ratusan pedagang bunga beraneka ragam sudah berdatangan sejak pukul tiga dan siap menyambut warga yang hendak berburu bunga, dalam tradisi pasar kembang yang digelar setahun sekali.

Sumber : FB weleri neni ra

Tradisi tahunan menjelang lebaran ini selalu dipadati warga yang ingin membeli bunga tabur dan bunga potong hias. Ratusan warga rela berdesakan, takut kehabisan bunga yang akan menjadi hiasan di rumah saat lebaran mendatang.
Tradisi pasar kembang yang sudah berlangsung puluhan tahun ini, awalnya hanya menggelar bunga tabur untuk ziarah ke makam. Namun perkembangan jaman membuat pedagang tidak hanya menjajakan bunga tabur namun bunga potong hias. Bunga jenis sedap malam, krisan, dan bunga mawar potong paling banyak dicari warga.

Bunga-bunga potong hias ini, kebanyakan diambil dari wilayah Bandungan Semarang. Pedagang sudah mulai menggelar dagangannya sejak pukul dua dini hari. Pedagang mengaku setiap tahun warga selalu mencari bunga sedap malam, krisan dan mawar harga yang ditawarkan antara lima ribu hingga Rp 25 ribu dan akan habis menjelang dhuhur.

Meski banyak yang membeli bunga hias potong, pedagang bunga tabur masih banyak diburu. Umumnya bunga tabur ini akan dibawa saat berziarah saat lebaran.

*R3
Sumber: fb=Weleri Neni Ra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar