LT

Rabu, 28 Januari 2015

Warung Tenda Seafood 32

Salam jumpa pemirsa, Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.

Ngomong-ngomong soal makanan cepat saji, jaman sekarang banyak kita jumpai apalagi di Kota-kota besar. Namun sebagai konsumen kita harus pandai-pandai memilih makanan cepat saji mana yang akan kita tuju yang sesuai dengan selera kita dikala kita sedang malas memasak dan pastinya yang sesuai dengan kantong kita (uang yang kita miliki) hehehe....

Didekat komplek saya tinggal ada sebuah warung tenda yang buka dari sore hingga malam hari, yaa... sebut saja warung tenda "Seafood 32" yang berlokasi didepan cluster Damar komplek Taman Royal 1, Tangerang Kota. Disini disajikan aneka makanan yang menggugah selera macam-macam seafood. Dari udang, cumi-cumi, aneka jenis ikan, kepiting bahkan ada bebek dan ayam, sayur tumis cah kangkung, tauge goreng,tidak lupa ada nasi biasa dan nasi uduk serta tahu tempe pastinya. Masakannya tergantung permintaan pembeli bisa digoreng, dibakar atau direbus. Minumannya dari mulai teh tawar hingga es jeruk, dll ( tapi gak boleh nawar ya ) Pokoknya semua enak deh....

Tempatnya lumayan bersih dan harga nya relatif masih terjangkau mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 75.000 kalau untuk se waktu-waktu. Kalo tiap hari yaaaa berasa juga sih. Hehehe t

Bagi yang tinggal di dekat Taman Royal dan sekitarnya silahkan datang saja ke warung tenda Seafood 32 depan cluster Damar (Taman Royal 1 & 3 ) kota Tangerang, Banten, bisa membuat kita malas masak. Hmmmm....


Selasa, 27 Januari 2015

Botok yang bikin kenyang bukan botok yang bikin cantik yaa

Salam jumpa pemirsa, Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi di www.lestarimk.com terimakasih.

Apa itu Botok? Botok adalah salah satu masakan nusantara yang ada di daerah Jawa (dikampung saya namanya Pelas) yang dibuat dengan kelapa muda dicampur dengan bahan lainnya lalu dibungkus dengan daun pisang. Penasaran? Yuk mari saya coba memberikan info bagaimana cara membuatnya.

Cara membuat Botok :
  • Siapkan 1 butir kelapa Sedang (tidak terlalu muda dan tidak tua) yang diparut.
  • Siapkan 3 butir telor ayam
  • Siapkan 1 ons ikan teri yang sudah digoreng.
  • Siapkan pete cina (melanding/lentoro) atau pete secukupnya.
  • Siapkan bumbunya antara lain: 5siung bawang putih, 3 siung bawang merah, cabe secukupnya, 3lbr daun jeruk, 1ruas kencur, 1/2 sendok teh ketumbar bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya, campur semua bumbu dan haluskan.
  • Campurkan semua bahan diatas dan bumbu yang dihaluskan.
  • Lalu ambil 2 sendok makan adonan, bungkus dengan daun pisang yang disemat dengan lidi, lakukan sampai adonan habis.
  • Siapkan panci pengukus, lalu kukus semua yang dibungkus dengan daun pisang krg lebih 45menit. Setelah matang ambil dan sajikan dalam piring saji secukupnya. 
  • Sisanya bisa disimpan di mesin pendingin dan jika ingin makan tinggal di panaskan di microwave atau dikukus lagi  biar hangat.
  • Bisa dimakan dengan sayur bayam atau dengan nasi saja sudah....Hmmmm yummy deh
Selamat mencoba yaa.... semoga enak. Terimakasih.

Selasa, 20 Januari 2015

Tip Bagi Pemula di GA

Salam jumpa pemirsa.... jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi di www.lestarimk.com terimakasih.

Tadi sore saya membuka email masuk, eee ada yang tanya "Kak bagaimana tip bagi pemula di GA (Google Adsense)?" Padahal saya sendiri orang baru / masih pemula juga di GA. Hehehe.... tapi gak apa-apa karena ada yang bertanya ya saya berusaha menjawab sebaik mungkin sesuai yang saya alami sebagai pemula di GA. Menurut saya yang paling penting kita sudah bisa diterima di GA itu sudah baik, jadi kita tinggal meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan kita di blog kita sendiri. Setiap ada ide / artikel yang bisa kita curahkan dalam tulisan kita langsung tulis saja di blog, tulisannya harus mengikuti peraturan yang berlaku di GA dan tentunya jangan lupa publikasikan ke publik. Soal tulisan kita ada yang baca atau tidak dibaca publik itu urusan belakangan yang terpenting kita sudah berusaha menuliskan tentang apa yang kita ingin sampaikan ke publik. Tentunya tulisan kita harus variasi dan lebih baik lagi kalo tulisan kita bisa bermanfaat bagi pembaca/publik yang membacanya. Kita tidak usah terlalu menggunakan bahasa yang terlalu tinggi yang terpenting bahasa kita bisa dimengerti secara umum. Toh jikalau ada orang di Luar negara kita yang mungkin membuka blog kita dan membacanya kan bisa ditranslete ke bahasa mereka. Hmmm .... mudahkan tips nya....?....

Sebagai pemula jangan terlalu berkhayal segera mendapat hasil secara materi yang berlebih. Yang terpenting kita berusaha sambil mempelajari hal hal yang kita belum pahami di GA dengan harapan suatu saat nanti kita bisa menjadi admin blog yang sukses di GA. Gimana setuju gak dengan tip yang saya berikan, kalo pemirsa ada tip lain, mohon bimbingan nya karena sudah saya jelaskan di awal kalo saya juga masih pemula. Saya juga masih banyak belajar dari teman senior saya yang sudah lihai dalam menulis blog. Jika ada hal-hal yang saya kurang paham saya juga masih bertanya dengan beliau.

Ya intinya jangan pernah malu bertanya supaya tidak tersesat dijalan itu pepatah yang semestinya kita jalani juga. Supaya kita lebih baik lagi dalam menulis di blog. Harus rajin dan tetap semangat menulis, meski tulisan kita belum bisa menarik seperti para senior. Cuma ini saja yang bisa saya ceritakan tentang tip bagi pemula di GA sekali lagi saya katakan bahwa saya juga masih baru di GA. Sampai jumpa pemirsa, semoga bermanfaat yaaa.....

Sabtu, 17 Januari 2015

Kerupuk Usek Sambel Tape

Salam jumpa pemirsa.... Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.

Teringat jaman masih kecil ketika masih sekolah MI atau setara SD, makanan ini sering dijajakan di sekolah ku dulu. Biasanya si pedagang menjual nya dengan makanan lain misalnya pecel sayuran. Makanan yang saya maksud adalah kerupuk usek. Ternyata sampai sekarang peminat nya masih banyak loooh. Kenapa disebut kerupuk usek, karena kerupuk ini dibuat secara alami dan digoreng tanpa minyak alias digoreng dengan wajan tanah / gerabah dikasih pasir lalu diusek usek biar matang dan renyaj merata. Kerupuk user ini kerupuk yang non kolesterol karena ya itu tadi digoreng tanpa minyak goreng.

Jajanan yAng murah meriah ini cukup diminati dikampung saya daerah Gringsing. Masyarakat disana suka sekali dengan kerupuk usek ini, karena rasanya gurih apalagi dicolek pakai sambal tape, hmm jadi ngiler saya. Sambal tape ini terbuat dari sambal biasa cuma dicampur tape, makanya disebut sambal tape. Ini sangat unik dan lumayan untuk diminati. Kriuk-kriuk dan rasanyapun gurih manis, pokoknya enak deh. Mungkin di Jawa Barat juga ada, tapi beda nama kali yaa....

Yuk.... ah nyemil dulu, nanti kerupuk useknya keburu mlempem (tidak renyah lagi) hehehe....


Ponakanku Kennaro

Salam jumpa pemirsa.... 

Sabtu pagi yang syahdu, karena mendung yang menyelimuti awan. Sempat hujan sebentar lalu mereda namun tetap saja mendung, mungkin karena musimnya musim penghujan. Daripada bete nunggu jam jemput anak sekolah, lalu buka Facebook twew.... ada status saudara ku yang mengunggah foto anaknya sing bagus (yang ganteng) namanya Kennaro.
Ponakanku yang satu ini selain cakep juga unyu-unyu, secara masih balita gitu. Usianya baru 2 tahunan  tapi anaknya pintar berceloteh, asal ditanya sudah pandai menjawab dan jawabannya itu pas dan lucu.

Hmm.... senang nya, semoga Kennaro kelak menjadi anak sholeh yang membanggakan kedua orangtuanya. Jadi, kangen nih, main sini dong le.... bu de nya kangen ini. Padahal sih tinggalnya gak jauh-jauh banget, tapi karena kesibukan masing-masing jadi jarang bersua. Kennaro, muach.... Love You le....

Kennaro sedang bergaya dengan scooter barunya. Duh senang nya yang punya scooter baru, saweran gak yaaa....?!!?

Kamis, 15 Januari 2015

Manfaat Teh Tubruk

Salam jumpa pemirsa, Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.


Manfaat Teh Tubruk, sebelum kita membahas manfaatnya tidak ada salahnya kalau kita cari tahu dulu apa itu teh tubruk? Teh tubruk adalah teh yang diseduh secara alami dan biasanya diseduh dengan air panas 100°C baru bisa keluar warna dan aroma tehnya. Beda dengan teh celup yang bisa diseduh dengan air panas kurang dari 100°C (air panas dispenser).

Selain untuk melepas dahaga atau untuk minuman dingin atau hangat, ternyata ada manfaat lain yang mungkin belum banyak yang tahu. Antara lain manfaatnya yaitu :
  • Untuk mengobati diare (secara alami), caranya: ambil teh tubruk 2sendok makan lalu seduh dengan secangkir (gelas kecil kira2 200ml) air panas, sehingga rasa tehnya berasa sepet2 pahit dan saring ambil airnya, lalu minum selagi hangat tanpa gula/pemanis 3 x sehari mudah-mudahan dlm 2 hari diarenya sembuh, Jika belum langsung kedokter yaa. 
  • Untuk menyegarkan kulit hingga mencegah jerawat, caranya: sering kali teh tubruk yang sudah diseduh belum diberi gula/pemanis, Jika masih tersisa kemarin / lebihan tidak terminum / yang sudah basi itu jangan dibuang. Pagi hari, saring airnya dalam wadah lalu buat cuci muka, diamkan hingga kering lalu bilas mukanya dengan air bersih, lakukan secara rutin setidaknya pas ada teh basi, inshaallah mukanya jadi lebih segar dan bebas jerawat.
Sementara yang saya tahu baru itu manfaat teh tubruk, bahkan untuk aromaterapi mandi juga mungkin bisa, yaa asal mau merebus tehnya sepanci lalu saring, buat mandi deh. Jadi, mandi teh deh. Hehehe
Semoga bermanfaat yaa......

Rabu, 14 Januari 2015

Tarian Jaran Eblek

Salam jumpa pemirsa.... Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih

Setiap liburan sekolah banyak orang menggelar hajatan, ada yang mengkhitankan anak laki-lakinya atau ada yang menikahkan anak mereka yang sudah dewasa. Naah biasanya kalo dikampung  saya daerah Batang, Kendal dan sekitarnya terutama kampung saya di Gringsing, dalam acara tersebut suka ada hiburan nya. Memang sih hiburannya tidak semewah acara dikota tapi lumayan menghibur. Hiburan atau bahasa jawanya tanggapan ini sering dimeriahkan oleh tanggapan Barongan dan disertai Joget jaran eblek.

Disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang jaran eblek. Jaran Eblek / kuda lumping ini suka ditampilkan dalam acara barongan (sudah sepaket). Ini berupa tarian yang dibawakan oleh 1 hingga 4 orang tergantung joget apa kisahnya. Jaran eblek ini tarian yang menggunakan properti kuda (terbuat dari anyaman bambu) yg dibentuk mirip kuda. Dalam tariannya dibawakan disertai musik tradisional. Ini sangat unik karena mungkin hanya ada di Jawa Tengah itupun tidak semua daerah Jawa Tengah ada tanggapan Barongan dan Jaran Eblek ini.

Lain kali saya akan menceritakan tentang barongan nya. Kali ini hanya informasi ini saja yang bisa saya ceritakan, semoga ini termasuk budaya yang perlu di Lestarikan di Indonesia. 


Jumat, 09 Januari 2015

Cara membuat Buntil Daun Pepaya

Salam jumpa pemirsa.... membicarakan masakan.nusantara sangat beraneka ragam kali ini saya akan berbagi info cara membuat buntil daun pepaya. Jika pemirsa ingin membaca lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih

Buntil adalah sebuah masakan unik yang dibuat dengan cara dibuntel (dibungkus), makanya penasaran kan? Mari kita intip cara membuat nya :
  1. Ambil beberapa daun pepaya lalu rebus sebentar dengan tanah lempung untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya, lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Siapkan isi buntil yaitu 1/2 butir kelapa parut, dibumbui dengan bumbu halus yaitu bawang merah 3siung, bawang putih 2 siung, ketumbar, kencur, daun jeruk lalu campur kedalam kelapa parut.
  3. Goreng ikan teri asin, lalu campur kedalam campuran kelapa parut diatas.
  4. Beri sedikit garam dan penyedap rasa secukupnya.
  5. Ambil satu sendok makan campuran kelapa tadi masukkan kedalam lembaran daun pepaya, lalu bungkus rapat dan ikat dengan tali rafia supaya tidak berantakan waktu di masak.
  6. Lakukan pembungkusan hingga adonan kelapa habis
  7. Siapkan santan kental 1butir kelapa
  8. Bumbu halus untuk kuah nya yaitu 2siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2btr kemiri sangrai, ketumbar, kunyit, kencur dan jeruk wangi, lalu tumis bumbu halus
  9. Setelah harum tuang santan tadi tambahkan, beberapa buah cabe, garam dan penyedap secukupnya, lalu masukkan buntil yg sudah dibungkus tadi aduk2 supaya santan tidak pecah hingga matang bumbu kuah meresap
  10. Setelah matang angkat hidangkan, dengan kerupuk dan lauk lainnya
Ya kira2 begitulah cara membuatnya, semoga bagi pemirsa yang sudah tau cara membuatnya mohon masukkan nya supaya menjadi lebih enak lagi. Selamat mencoba....