LT

Minggu, 21 Desember 2014

Emplek-emplek Tiwul


Salam jumpa pemirsa.... Jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung blog Mbak Tari di www.lestarimk.com terimakasih.

Ini dia makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah "emplek-emplek tiwul". Sebelumnya saya akan kasih tahu apa itu tiwul? Tiwul adalah tepung singkong yang dibuat dari singkong yang dikupas lalu dijemur sampai kering lalu ditumbuk hingga jadi tepung (jaman dulu) kalo sekarang karena sudah jaman modern tidak ditumbuk lagi tapi dihaluskan oleh mesin penggiling hingga jadi tepung halus yaitu Tiwul.

Tiwul bisa diolah berbagai jenis makanan, kali ini saya akan berbagi resep olahan tiwul, salah satunya adalah cara membuat Emplek-emplek Tiwul, antara lain sbb:
  1. Siapkan 500gram tepung tiwul, diuleni dengan 1bungkus kecil santan instan, dengan bumbu halus bawang putih, ketumbar + garam tambahkan air hangat secukupnya, uleni sampai kalis
  2. Setelah diuleni tunggu 5 menit.
  3. Siapkan wajan dan minyak goreng yang sekiranya bisa menenggelamkan bahan yang akan digoreng dengan api kecil.
  4. Siapkan adonan tadi dengan ambil satu sendok adonan bulat kan lalu dipipihkan, kemudian goreng dalam wajan yang minyak gorengnya sudah dipanaskan tadi.
  5. Lakukan cara no.4 Sedikit demi sedikit kedalam penggorengan hingga adonan habis.
  6. Ketika menggoreng jangan lupa rajin dibolak -balik supaya matang nya rata dan tidak gosong.
  7. Setelah matang semua, siap untuk dihidangkan dan lebih enak dimakan pada saat masih hangat. Cocok untuk cemilan pagi hari sambil minum kopi.


Selamat mencoba, masakan nusantara dengan cita rasa gurih2 kental. yummy deeeh. Hehehe.... terimakasih.

Kamis, 11 Desember 2014

Cara membuat sayur dadakan

Salam jumpa pemirsa.... jika pemirsa ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau langsung kunjungi di www.lestarimk.com terimakasih.

Saya ingin berbagi resep sayur santan yang mudah cara membuatnya, yaitu sayur tahu kacang panjang. Begini nih caranya :
  1. Siapkan tahu potong dadu, digoreng dan kacang panjang potong kecil.
  2. Siapkan bumbu yg diiris tipis, 3siung bawang putih, 1siung bawang merah, 7bh cabe rawit. 
  3. Seruas jari lengkuas dikeprek, 2lembar daun salam.
  4. Siapkan sedikit minyak goreng kedalam wajan panaskan, untuk menumis bahan 2&3
  5. Setelah harum masukkan tahu dan kacang panjang, tambahkan 1bungkus kecil santan kental instan aduk rata hingga matang dan harum.

Sajikan dalam mangkuk saji dan siap untuk dihidangkan dengan lauk lainnya seperti telur dadar dan tempe goreng. Hmm yummy....

Ikan asin cabe ijo

Salam jumpa pemirsa.... jika anda ingin membacanya lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.

Pemirsa, seperti biasa kali ini saya masih menulis tentang menu masakan sederhana yang menggugah selera makan. Menunya sederhana yaitu ikan asin cabe ijo, yuk mari ....

Karena yang mau dimasak ikan asin pastinya kita siapkan 1ons ikan asin terus kita potong jika ikan asinnya tidak kecil. Lalu kita iris2 1ons cabe ijo, 3siung bawang putih, 1siung bawang merah. Keprek 1ruas jari jahe, 3lembar daun jeruk kemudian kita panaskan minyak goreng dlm wajan, lalu masukkan irisan dan keprekkan bumbu tadi lanjut masukkan ikan asinnya, tambahkan pete jika ada,  tambahkan sedikit garam dan gula pasir, aduk rata hingga matang dan harum.

Siapkan piring kecil untuk disajikan, cukup buat lauk 2-3piring nasi hangat ditambahkan kerupuk. Hmmm yummy.....

Selamat mencoba ^_^


Cara membuat Peyek Kacang Tanah

Salam jumpa pemirsa.... jika anda ingin Membaca lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.

Pemirsa kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat peyek kacang tanah yang renyah. Caranya:
  1. Siapkan bahannya yaitu: 1/4kg kacang tanah potong, 500gr tepung beras, 1btr telur ayam, 100ml santan kental 10lbr, krg lbh 600ml air mineral, daun jeruk iris tipis
  2. Siapkan bumbu yg dihaluskan : 3siung bawang putih, 5btr kemiri sangrai, 1sendok teh ketumbar halus, 2ruas jari kencur, garam secukupnya
  3. Campur bahan satu dan dua aduk perlahan hingga rata sampai adonan encer sedang (jangan terlalu encer)
  4. Siapkan wajan panaskan minyak goreng 500ml.
  5. Setelah panas ambil adonan dengan sendok sayur, guyurkan perlahan ditepi minyak dalam wajan, goreng hingga matang, angkat tiriskan.
  6. Lakukan hal nomer 5 berulang - ulang hingga adonan habis.
  7. Setelah tiris, masukkan peyek tersebut kedalam toples kedap udara supaya tetap renyah.
Nah, jadi deh ..... sekarang pemirsa bisa mencobanya, mudah kok dan bahannya pun sederhana mudah didapat diwarung terdekat.

Selamat mencoba. Terima kasih.

Sabtu, 06 Desember 2014

Acara Tedak Siti ala Desa Lebo

Salam jumpa pemirsa.... untuk membaca lebih lanjut silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.

Pemirsa kali ini saya akan mengulas cerita tentang acara Tedak Siti ala Desa Lebo. Mungkin pemirsa belum pernah dengar Desa tersebut, karena Desa Lebo adalah Desa yang masuk daerah kecamatan Gringsing, kabupaten Batang, kodya Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia (tepatnya 2km dari Pantura). 


Acara Tedak Siti /Dundunan adalah acara menginjak tanah untuk pertama kalinya bagi anak 2 yg usianya baru 6-7bulan. Ya meskipun acaranya sederhana tapi cukup menarik perhatian loh..... acaranya antara lain: membuat bubur dundunan utk dibagikan ke tetangga sekitarnya, membuat tangga dari batang tebu maksudnya supaya sang anak yang baru dundunan kelak bisa menaiki tangga kehidupan yang semakin meningkat, sang anak disajikan berbagai pilihan dalam wadah supaya sang anak memilih yang disukainya maksudnya jika anak memilih buku / alat tulis semoga kelak sang anak jadi anak yang pintar, dll (mitos). Selanjutnya orang tua menyediakan uang koin untuk disebar / rayahan rame-rane siapa saja boleh ikut rayahan uang koin (besarnya nominal uang yg disebar sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan orang tua sang anak). Baru deh sang anak sudah boleh menginjak tanah. Hehehe...

Begitulah pemirsa acara Tedak Siti ala Desa Lebo, semoga cerita ini bermanfaat. Mohon maaf jika ceritanya mungkin kurang lengkap karena hanya ini yang saya tahu. Terimakasih.


Kamis, 04 Desember 2014

Menjemur bantal menyembuhkan Tengengan / sawan bantal

Salam jumpa pemirsa.... Jika anda ingin membaca lebih lanjut, silahkan klik judulnya atau kunjungi langsung di www.lestarimk.com terimakasih.

Suatu hari ketika pagi saya bangun tidur, antara pundak dan leher saya nyeri atau pegel gak bisa buat menoleh ternyata saya kena tengengan ada juga yang bilang sawan bantal (tengengan bahasa Indonesia nya apa ya? ) yang jelas sih salah posisi waktu tidur jadi begitu bangun dari tidur tengengan deh (nyeri atau pegel diarea pundak ke leher) sehingga tidak bisa / sakit untuk digerakkan/menoleh.

Saya ingat waktu masih kecil, saya pernah "tengengan" & orangtua saya berkata "ayo jemur bantal mumpung panas terik, nanti kalo sdh nas buat bantalan tidur supaya sembuh tengeng nya" 
www.lestarimk.com

Oleh karena itu mumpung siangnya pas panas cetarrr membahana saya jemur 2pcs bantal saya dan bantal suami karena kebetulan suami sedang tengengan juga. Saya menjemur bantal tersebut kurang lebih 2 jam. Setelah itu, saya ambil lagi karena kebetulan sudah panas bantalnya. Begitu siang setelah sholat dzuhur sekitar jam 2 an saya ngantuk dan tidur siang lah saya memakai bantal hangat yang tadi sudah dijemur. Hmmm rasanya enak dan nyaman, hangat2 gimana gitu pundak sampe leher bahkan kepala ikut nyaman. Alhamdulillah setelah sehari dua hari tengengan saya sembuh dan tidak pegal lagi. Jadi, buat pemirsa yang apabila suatu hari mengalami kejadian yang saya ceritakan diatas, tidak ada salahnya mencoba menjemur bantal untuk terapi, toh gratis ini (kecuali kalo beli bantal lagi) hehehe....

Semoga bermanfaat ya pemirsa, apabila cerita saya ini tidak bisa menyembuhkan tengengan seperti yang saya ceritakan diatas dalam jangka waktu 3 hari silahkan menghubungi dokter, siapa tahu ada penyakit lain bukan tengengan. Terima kasih....