LT

Minggu, 26 April 2015

Jenis kode bahan plastik kemasan yang perlu kita ketahui

Salam jumpa pemirsa.....

Setelah saya membaca disebuah artikel, ternyata wadah plastik yang sering kita pakai sehari-hari belum tentu aman untuk wadah makanan. Untuk itu mari sama-sama kita lihat lagi kode yang tertera dalam wadah, biasanya dicetak dibelakang wadah plastik.

Perlu kita ketahui bersama bahwa secara internasional telah diatur kode untuk kemasan plastik, yang mungkin bagi kita sangat perlu untuk diketahui, karena tanda tersebut berkaitan dengan jenis bahan serta cara dan dampak pemanfaatannya bagi manusia. Kode ini dikeluarkan olehThe Society of Plastic Industry pada tahun 1988 di Amerika Serikat dan diadopsi pula oleh lembaga-lembaga yang mengembangkan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization). 

Secara umum tanda tersebut berada di dasar, berbentuk segi tiga, di dalam segitiga akan terdapat angka, serta nama jenis plastik di bawah segitiga.Plastik yang berjenis PET/PETE ini sesungguhnya direkomendasikan hanya sekali pakai, kenapa? Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang. Semestinya segera ganti botol/galon yang sudah lama atau terlihat baret-baret.

Berikut jenis kode bahan plastik yang perlu kita ketahui :




Semoga bermanfaat yaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar