LT

Sabtu, 04 Juli 2015

cara membuat selai nanas untuk isi kue Nastar

Salam jumpa pemirsa di www.lestarimk.com 

Seperti yang kita tahu, bahwa menjelang hari raya khususnya yang sebentar lagi akan datang yaitu hari raya Idul Fitri, banyak sekali orang dagang dari berbagai kalangan. Naaah yang gak kalah populer biasanya banyak orang dagang aneka kue untuk disajikan di hari raya Idul Fitri. Untuk itu, kali ini saya akan berbagi tip tentang bagaimana cara membuat selai nanas yang biasanya untuk isi kue nastar. Mungkin pemirsa sudah banyak yang lebih banyak yang tau. Tapi, tidak apa.... siapa tau ada pemirsa yang belum tahu. Hehehe..

Biar kan mendidih sambil sesekali diaduk.

Tambahkan gula pasir 1/2kg ( sesuai selera ).

Aduk terus hingga selai kalis seperti pada gambar.

Ini dia, selai yang sudah dibulatkan, untuk isi kue nastar.

Begini caranya ;
  • Pertama kita beli buah nanas segar misal 10bh, jangan lupa minta dikupas sekalian. Cuci lalu potong-potong, masukkan ke blender dan beri sedikit air lalu blender sebentar yang penting sudah hancur.
  • Lalu tuangkan dalam wajan, masak nanas yang sudah diblender dengan api sedang, sesekali diaduk, hingga airnya berkurang.
  • Setelah air sudah hampir habis, masukkan gula pasir 1/2 - 1kg (sesuai selera).
  • Begitu sudah diberi gula pasir, kecilkan api lalu sering diaduk agar tidak gosong.
  • Setelah beberapa waktu, selai mengental hingga kalis seperti ampas kelapa yang berwarna kecoklatan (ini tandanya sudah jadi selai).
  • Angkat, setelah tidak panas masukkan dalam wadah.
  • Selai siap dibentuk bulatan kecil dengan mudah, untuk isi kue nastar jadi tidak belepotan karena sudah kalis / tidak begitu lengket ditangan.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaa..... ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar